Sayangi Data Anda Sekarang Juga

Cloud Storage
Cloud Storage

Tulisan ini sebenernya sudah sejak lama ingin saya tuliskan melalui web SMK Islam Said Na’um. Namun, baru kali ini dapat saya realisasikannya. Tulisan ini ingin saya angkat karena beberapa minggu yang lalu maraknya informasi melalui media sosial maupun media televisi mengenai ancaman virus ransomware wannacry , untuk pembahasan virus tersebut sudah saya bahas bersama dengan siswa dan siswi kelas X maupun kelas XI TKJ. Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut mengenai virus tersebut bisa bertanya dengan siswa-siswi TKJ.

Sebenernya alasan kuat saya menulis artikel ini adalah karena beberapa hari yang lalu terdapat beberapa siswa saya yang panik karena data laporan dalam bentuk file power pointnya hilang. Entah data tersebut terkena virus lalu hilang atau ada temannya yang jahil mencoba menghapus filenya. Siswa tersebut panik lantaran file yang sudah dicopykan pada flashdisk untuk sidang PKL ternyata hilang, dan lebih membuat panik lagi adalah backupan data pada file tersebut pun ikut hilang pada laptop yang digunakan.

Lalu dengan kejadian tersebut, apa yang harus kita lakukan?

Seperti pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik dari pada mengobati” nah begitu pun dengan data yang kita miliki. Data merupakan kumpulan dari beberapa file baik dalam bentuk gambar, video, file office dalam bentuk word, excel dan powerpoint serta yang lainnya yang kita anggap penting. Untuk itu sudah selayaknya kita harus menjaga data kita dengan baik agar tidak mudah hilang ataupun dicuri orang.

Ada beberapa cara untuk menjaga data kita agar tetap utuh dan aman, diantaranya :

  1. Backup data pada flashdisk
    Membackup data yang telah kita buat pada komputer lalu membackupnya pada flashdisk adalah salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk menyelamatkan data yang kita punya. Namun, data yang disimpan pada flashdisk tidaklah aman, bisa jadi terserang oleh virus yang mengakibatkan data tersebut hilang atau corrupt.
  2. Backup data pada CD/DVD
    CD/DVD lebih baik dalam hal penyimpanan data dari pada flshdisk. Ketika data kita disimpan dalam CD/DVD maka data kita akan aman dari serangan virus dan data kita akan tetap aman selama CD/DVD tersebut tidak tergores/rusak.
  3. Backup data pada hardisk eksternal
    Dengan menggunakan hardisk eksternal , kita dapat membackup data kita jauh lebih besar dibandingkan dengan flashdisk ataupun CD/DVD. Dan data yang kita simpan pada hardisk lebih aman dari pada flashdisk selama kita menggunakan hardisk tersebut dengan perlakuan yang baik tidak asal colok ke komputer lain.
  4. Backup data ke cloud
    Membackup data kita ke cloud adalah yang paling aman. Ketika semua perangkat yang kita miliki rusak maka tidak akan terjadi masalah, sebab ketika membackup data ke cloud sama saja dengan menumpangkan data kita ke komputer orang lain yang terhubung ke jaringan internet. Dan saat ini tersedia banyak aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk menaruh/mengupload data kita pada aplikasi tersebut dengan kapasitas yang lumayan besar sekitar 5 – 15 GB seperti  yang sering kita gunakan adalah google drive dan dropbox. Untuk menggunakan cloud storage ini pun cukup mudah sehingga orang awam yang baru belajar komputer pun dapat cepat mengerti.

Itulah sedikit tips untuk menjaga data yang kita punya agar tetap aman dan utuh. Sayangi data anda sebelum hilang dan pergi meninggalkan anda, dan sampai jumpa di tips maupun tutorial berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *