Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2018

Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UNĀ adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Soal UN 100% disiapkan oleh Kemendikbud.

Pelaksanaan Ujian Nasional ini dilaksanakan menggunakan komputer atau yang bisa disebut juga dengan UNBK alias Ujian Nasional Berbasis Komputer. Namun UNBK ini sendiri dilaksanakan jika memang sekolah tersebut sudah memenuhi baik dari segi fasilitas dan juga segi sumber daya nya. Namun jika memang tidak bisa memungkinkan melaksanakan UNBK, maka ujian dilakukan berbasis kertas.

Apa sih tujuan diadakannya UNBK?

Yaitu untuk meminimalisisr kecurangan saat ujian, lalu dapat memberikan paket soal yang lebih banyak. Juga minimnya kemungkinan kesalahan distribusi soal baik soal yang terlambat datang, tertukar, dan sebagainya. Dan proses pengumpulan dan penilaian hasil ujian lebih mudah dan cepat. UNBK mendorong terwujudnya efektivitas, efisiensi, dan transparansi penyelenggaraan UN.

Untuk tahun ini, SMK Islam Said Na’um berpartisipasi dalam UNBK secara mandiri. Penyelenggaraan UNBK di SMK Islam Said Na’um ini dilaksanakan 4 (empat) hari dengan 4 (empat) mata pelajaran yaitu hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari terakhir Teori Produktif.

Pelaksanaan UNBK tiap harinya diadakan 3 sesi, dimana setiap sesi terdiri dari 25 siswa pada 2 sesi dan 1 sesi selanjutnya diisi sebanyak 22 siswa. Dengan memiliki 1 (satu) orang proktor dan 1 (satu) orang teknisi. Untuk segi fasilitas, SMK Islam Said Na’um menggunakan 1 (satu) ruangan Lab Komputer yang berisikan 1 komputer server utama, 1 komputer server cadangan, 25 komputer client utama, dan 5 komputer client cadangan.

Semoga dalam 4 hari ini seluruh anak SMK se-Indonesia khususnya anak SMK Islam Said Na’um bisa melaksanakan UNBK dengan lancar dan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

Semangat dan Selamat Ujian Nasional Berbasis Komputer 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *